MANAKAH YANG LEBIH UTAMA KETIKA MEMBACA AL-QUR’AN; SEDIKIT DENGAN TADABBUR, ATAUKAH CEPAT DAN BANYAK?

๐Ÿ’๐ŸŒป๐ŸŒน๐ŸŒท

 

โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–
MANAKAH YANG LEBIH UTAMA KETIKA MEMBACA AL-QUR’AN; SEDIKIT DENGAN TADABBUR, ATAUKAH CEPAT DAN BANYAK?
โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–

 
๐Ÿ“‘ Al-Imam Ibnul Qayyim rahimahullah berkata:

ยซูˆูŽู‚ูŽุฏู ุงุฎู’ุชูŽู„ูŽููŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุงุณู ูููŠ ุงู„ู’ุฃูŽูู’ุถูŽู„ู ู…ูู†ูŽ ุงู„ุชู‘ูŽุฑู’ุชููŠู„ู ูˆูŽู‚ูู„ู‘ูŽุฉู ุงู„ู’ู‚ูุฑูŽุงุกูŽุฉูุŒ ุฃูŽูˆู ุงู„ุณู‘ูุฑู’ุนูŽุฉู ู…ูŽุนูŽ ูƒูŽุซู’ุฑูŽุฉู ุงู„ู’ู‚ูุฑูŽุงุกูŽุฉู ุฃูŽูŠู‘ูู‡ูู…ูŽุง ุฃูŽูู’ุถูŽู„ู ุนูŽู„ูŽู‰ ู‚ูŽูˆู’ู„ูŽูŠู’ู†ู.

ููŽุฐูŽู‡ูŽุจูŽ ุงุจู’ู†ู ู…ูŽุณู’ุนููˆุฏู ูˆูŽุงุจู’ู†ู ุนูŽุจู‘ูŽุงุณู ุฑูŽุถููŠูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู†ู’ู‡ูู…ูŽุง ูˆูŽุบูŽูŠู’ุฑูู‡ูู…ูŽุง ุฅูู„ูŽู‰ ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุงู„ุชู‘ูŽุฑู’ุชููŠู„ูŽ ูˆูŽุงู„ุชู‘ูŽุฏูŽุจู‘ูุฑูŽ ู…ูŽุนูŽ ู‚ูู„ู‘ูŽุฉู ุงู„ู’ู‚ูุฑูŽุงุกูŽุฉู ุฃูŽูู’ุถูŽู„ู ู…ูู†ู’ ุณูุฑู’ุนูŽุฉู ุงู„ู’ู‚ูุฑูŽุงุกูŽุฉู ู…ูŽุนูŽ ูƒูŽุซู’ุฑูŽุชูู‡ูŽุง.

ูˆูŽุงุญู’ุชูŽุฌู‘ูŽ ุฃูŽุฑู’ุจูŽุงุจู ู‡ูŽุฐูŽุง ุงู„ู’ู‚ูŽูˆู’ู„ู ุจูุฃูŽู†ู‘ูŽ ุงู„ู’ู…ูŽู‚ู’ุตููˆุฏูŽ ู…ูู†ูŽ ุงู„ู’ู‚ูุฑูŽุงุกูŽุฉู ููŽู‡ู’ู…ูู‡ู ูˆูŽุชูŽุฏูŽุจู‘ูุฑูู‡ูุŒ ูˆูŽุงู„ู’ููู‚ู’ู‡ู ูููŠู‡ู ูˆูŽุงู„ู’ุนูŽู…ูŽู„ู ุจูู‡ูุŒ ูˆูŽุชูู„ูŽุงูˆูŽุชูู‡ู ูˆูŽุญููู’ุธูู‡ู ูˆูŽุณููŠู„ูŽุฉูŒ ุฅูู„ูŽู‰ ู…ูŽุนูŽุงู†ููŠู‡ู.

ูƒูŽู…ูŽุง ู‚ูŽุงู„ูŽ ุจูŽุนู’ุถู ุงู„ุณู‘ูŽู„ูŽูู: (ู†ูŽุฒูŽู„ูŽ ุงู„ู’ู‚ูุฑู’ุขู†ู ู„ููŠูุนู’ู…ูŽู„ูŽ ุจูู‡ูุŒ ููŽุงุชู‘ูŽุฎูŽุฐููˆุง ุชูู„ูŽุงูˆูŽุชูŽู‡ู ุนูŽู…ูŽู„ู‹ุง)

ูˆูŽู„ูู‡ูŽุฐูŽุง ูƒูŽุงู†ูŽ ุฃูŽู‡ู’ู„ู ุงู„ู’ู‚ูุฑู’ุขู†ู ู‡ูู…ู ุงู„ู’ุนูŽุงู„ูู…ููˆู†ูŽ ุจูู‡ูุŒ ูˆูŽุงู„ู’ุนูŽุงู…ูู„ููˆู†ูŽ ุจูู…ูŽุง ูููŠู‡ูุŒ ูˆูŽุฅูู†ู’ ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽุญู’ููŽุธููˆู‡ู ุนูŽู†ู’ ุธูŽู‡ู’ุฑู ู‚ูŽู„ู’ุจู.

ูˆูŽุฃูŽู…ู‘ูŽุง ู…ูŽู†ู’ ุญูŽููุธูŽู‡ู ูˆูŽู„ูŽู…ู’ ูŠูŽูู’ู‡ูŽู…ู’ู‡ู ูˆูŽู„ูŽู…ู’ ูŠูŽุนู’ู…ูŽู„ู’ ุจูู…ูŽุง ูููŠู‡ูุŒ ููŽู„ูŽูŠู’ุณูŽ ู…ูู†ู’ ุฃูŽู‡ู’ู„ูู‡ู ูˆูŽุฅูู†ู’ ุฃูŽู‚ูŽุงู…ูŽ ุญูุฑููˆููŽู‡ู ุฅูู‚ูŽุงู…ูŽุฉูŽ ุงู„ุณู‘ูŽู‡ู’ู…ูยป

Manusia berbeda menjadi dua pendapat dalam menilai antara membaca tartil namun sedikit, dengan membaca cepat dan banyak, manakah yang afdhal dari kedua cara ini?

Ibnu Mas’ud dan Ibnu Abbas radhiyallahu anhuma, dan yang lainnya berpendapat bahwa tartil dan tadabbur walaupun sedikit yang dibaca adalah afdhal dibandingkan cepat membaca walaupun banyak.

Orang-orang yang berpendapat seperti ini berhujjah bahwa tujuan membaca adalah untuk memahami dan mentadabburinya, mengerti kandungannya dan mengamalkannya, sedangkan membacanya dan menghafalnya merupakan sarana yang mengantarkan kepada makna-maknanya.

Hal ini seperti yang dikatakan oleh sebagian Salaf, “Al-Qur’an diturunkan untuk diamalkan, maka jadikanlah ’tilawah’nya itu berupa mengamalkan kandungannya.”

Oleh karena inilah, ahli al-Qur’an adalah orang-orang yang mengetahui maknanya dan mengamalkan kandungannya, walaupun mereka tidak menghafalnya dalam hati mereka (hafal di luar kepala -pent).

Adapun orang yang menghafalnya (al-Qur’an) namun dia tidak memahaminya dan tidak mengamalkan kandungannya, maka dia bukan termasuk ahlinya, walaupun dia meluruskan huruf-hurufnya (tajwidnya sangat bagus -pent) seperti meluruskan anak panah (yang akan dibidikkan ke sasarannya -pent).

๐Ÿ“ƒ Zaadul Ma’ad, jilid 1 hlm. 327

๐Ÿ“š Channel telegram “Atsar wa Fawaid Salafiyyah”

๐ŸŒŽ Kunjungi || http://forumsalafy.net/manakah-yang-lebih-utama-ketika-membaca-al-quran-sedikit-dengan-tadabbur-ataukah-cepat-dan-banyak/

โšช WhatsApp Salafy Indonesia
โฉ Channel Telegram || http://bit.ly/ForumSalafy
โ€ขโ”ˆโ”ˆโ”ˆโ”ˆโ€ขโœฟโโœฟโ€ขโ€ขโœฟโโœฟโ€ขโ”ˆโ”ˆโ”ˆโ”ˆโ€ข
๐ŸƒTurut menyebarkan:
Whatsapp: ๐ŸŒนsyarhus sunnah lin nisaa`
Channel Telegram:
http://bit.ly/syarhussunnahlinnisa
Website:
https://catatanmms.wordpress.com

โ€ขโ”ˆโ”ˆโ”ˆโ”ˆโ€ขโœฟโโœฟโ€ขโ€ขโœฟโโœฟโ€ขโ”ˆโ”ˆโ”ˆโ”ˆโ€ข