MEMBUNGKAM ORANG-ORANG YANG BERMUDAHAN MASALAH GAMBAR

🍂🍂〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰

 

❗️ MEMBUNGKAM ORANG-ORANG YANG BERMUDAH-MUDAHAN DALAM MASALAH GAMBAR

 

📂 Asy-Syaikh Muhammad bin Hady al-Madkhaly hafizhahullah

 

 

📪 Penanya:

Sebagian ikhwah menanyakan tentang ceramah yang diambil gambarnya oleh Universitas, lalu mereka meminta izin kepada Anda untuk menyebarkannya?

 

🔐 Asy-Syaikh:

 

Demi Allah saya katakan: Jika kalian bisa menyebarkannya tanpa gambar maka silahkan menyebarkannya. Dan ketahuilah bahwa saya bukan hujjah, tidak pula orang yang lebih mulia dari saya. Hujjah itu hanyalah perkataan Allah dan Rasul-Nya shallallahu alaihi was salam.

 

❌ Mengambil gambar hukumnya haram dan tidak boleh. Namun terkadang seseorang jatuh kepada beberapa perkara darurat yang boleh baginya, namun hukumnya tetap satu.

 

✋🏻 Dan saya bersaksi atas nama Allah dan saya telah mengatakan hal itu berkali-kali: sungguh saya mendengar dengan kedua telinga saya ini dari guru kami dan orang tua kami imam di masa ini yaitu imam Ahlus Sunnah Asy-Syaikh Abdul Aziz (bin Baz) rahimahullah jika dikatakan hal seperti ini kepada beliau maka beliau menjawab:

“Saya bukan hujjah, hujjah ada pada perkataan Allah dan Rasul-Nya. Kami masuk pada beberapa acara yaitu bertemu dengan pemerintah lalu terjadilah pengambilan gambar ini.”

Jadi beliau tidak mengetahuinya dan terkadang terjadi penolakan dari beliau.

 

🔴Hujjah adalah pada perkataan Allah dan Rasul-Nya, dan jawaban yang bermanfaat tentang pengharaman mengambil gambar kalian mengetahui beliau rahimahullah memilikinya.

 

🔊 Saya katakan kepada kalian: Hujjah bukan Muhammad bin Hady dan bukan pula orang yang lebih mulia darinya. Hujjah hanyalah pada perkataan Allah dan Rasul-Nya shallallahu alaihi was salam. Jadi, menggambar hukumnya haram, sama saja mereka mengambil gambar Muhammad bin Hady atau tidak mengambil gambar Muhammad bin Hady.

 

✔️Hukum Allah berlaku padanya dan pada selainnya dan hukum Rasulullah shallallahu alaihi was salam berlaku padanya dan pada selainnya. Dan apa saja yang berasal dari Allah dan dari Rasul-Nya maka kita terima sepenuhnya.

❗️Sedangkan yang berasal dari selain keduanya maka perlu diteliti lebih dahulu.

 

 

📝 Ditranskrip oleh Abu Ubaidah Munjid bin Fadhl Al-Haddad

Jum’at 19 Ramadhan 1432 H

 

📚 http://www.sahab.net/forums/index.php?showtopic=122622

 

🌐 Kunjungi || http://forumsalafy.net/membungkam-orang-orang-yang-bermudah-mudahan-dalam-masalah-gambar/

 

⚪ WhatsApp Salafy Indonesia

⏩ Channel Telegram || http://bit.ly/ForumSalafy

 

•┈┈┈┈•✿❁✿••✿❁✿•┈┈┈┈•

🍃Turut menyebarkan:

Whatsapp: 🌹syarhus sunnah lin nisaa`

Channel Telegram:

http://bit.ly/syarhussunnahlinnisa

Website:

https://catatanmms.wordpress.com

 

•┈┈┈┈•✿❁✿••✿❁✿•┈┈┈┈•