NASEHAT BAGI YANG SUKA MENGELUH DAN MEMAJANG FOTO DI SOSIAL MEDIA

❓❓11304

PERTANYAAN:

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Ustadzah حفظك الله bagaimana nasehat antum untuk akhwat2 dan ummahat yang pd zhohirnya mereka diatas kebaikan & keistiqomahan namun suka memasang foto anak mereka walau setengah badan (tanpa kepala) dan juga senang mengeluh ketika sedih atau kesal serta menceritakan kegiatan mereka di status WhatsApp,BBM maupun Facebook?

جزاكم الله خيرا و بارك الله فيكم

✏Dijawab oleh : Ustadzah Ummu Abdillah Zainab

Bismillah.

Kalau ada ummahat yang masih memasang foto siapapun apalagi anaknya, meskipun dipotong sana sini, ana tidak sependapat kalau dia dikatakan istiqomah, apalagi batinnya. Karena bukankah foto larangannya keras. Juga apa dia tidak takut anaknya terkena penyakit ‘ain yang tidak ada obatnya ?!

❓Senang mengeluh dan curhat di status sosial facebook dll?!

👎🏽Bukankah itu kebiasaan orang AWAM yang tidak berilmu yang patut kita kasihani kekosongan jiwanya dari ilmu, kegersangan qalbunya dari iman?!

📛Apakah pantas hal itu dilakukan oleh seorang tholibul ilmi yang sibuk memenuhi jiwanya dengan nur ilmu, terang benderang mata hatinya dengan ma’rifatullah, mengenal Allah.

Maka cukup HANYA kepada Allah tempat curhat dan mengeluh.

Adakah makhluq yang bisa menolong kita dari segala musykilah hidup, sebaik dan sesempurna pertolongan Allah ?!

Kalau belum yakin itu dan masih curhat lewat facebook dll, artinya dia masih kurang ilmunya, apalagi dikatakan istiqomah . Jauuuh dari istiqomah.

✅Nasehat ana , hendaklah terus semangat tholibul ilmi sampai mengenal Allah dengan haq , maka kelak hidup menjadi bahagia, hati menjadi tenang, kesulitan hidup berlalu seperti angin lewat begitu saja. Sehingga tidak perlu lagi sedih, mengeluh kecuali hanya kepada Allah sebaik baik Penolong.

Barokallahu fiyk

http://annisaa.salafymalangraya.or.id/2015/02/tanya-jawab-52.html