HUKUM AQIQAH DAN KAPAN WAKTUNYA?

ํ ฝIMG-20150810-WA0039

APA HUKUM AQIQAH DAN KAPAN WAKTUNYA?

โœ’๐Ÿ“‚ Dijawab oleh asy-Syaikh Bin Baz rahimahullah Taโ€™ala.

โ“โ“ Apa hukum aqiqah dan kapan waktunya? Jika telah lewat waktunya, kapan mengaqiqahi anak? Jika anak tersebut telah besar dan dewasa, sementara dia belum diaqiqahi, apakah dia mengaqiqahi dirinya sendiri?

โœ Beliau mengatakan:

Aqiqah adalah sunah muakkad. Dua ekor untuk anak laki-laki dan seekor kambing untuk anak perempuan, sebagaimana yang diperintahkan oleh Nabi shallallahu โ€˜alaihi wasallam untuk mengaqiqahi dua ekor kambing untuk anak laki-laki dan seekor kambing untuk anak perempuan.

๐Ÿ“† Waktu aqiqah pada hari ketujuh. Ini yang afdhal, hari ketujuh. Kalau dilakukan setelah itu, tidak apa-apa. Walaupun lebih dari setahun atau dua tahun.

๐Ÿ‘‹ Jika sang ayah tidak mengaqiqahinya dan dia (sang anak) ingin mengaqiqahi dirinya sendiri, ini adalah perkara yang bagus.

๐Ÿ”ฅ Sehingga yang disyariatkan, aqiqah dilakukan oleh sang ayah. Namun jika dia ingin mengaqiqahi dirinya sendiri, ibunya mengaqiqahinya, atau saudaranya mengaqiqahinya, ini tidak apa-apa. Semua ini bagus, insya Allah.

๐ŸŒ€ Tidak ada batasan waktu aqiqah, walaupun telah melewati setahun atau dua tahun. Walaupun anak tersebut telah menjadi dewasa. Namun yang disunahkan adalah aqiqah tersebut dilakukan oleh sang ayah untuk anaknya pada hari ketujuh. Inilah yang disunahkan.

๐Ÿ“š Sumber:http://www.binbaz.org.sa/node/11680

๐Ÿ“ Alih bahasa: Ustadz Abu Bakar Jombang hafizhahullah

โ€”-

ู…ุง ุญูƒู… ุงู„ุนู‚ูŠู‚ุฉุŒ ูˆู…ุง ู‡ูˆ ูˆู‚ุชู‡ุงุŸ

ู…ูˆู‚ุน ุงู„ุดูŠุฎ ุนุจุฏุงู„ุนุฒูŠุฒ ุจู† ุจุงุฒ

ู…ุง ุญูƒู… ุงู„ุนู‚ูŠู‚ุฉุŒ ูˆู…ุง ู‡ูˆ ูˆู‚ุชู‡ุงุŒ ูˆุฅุฐุง ูุงุช ูˆู‚ุช ุงู„ุนู‚ูŠู‚ุฉ ูู…ุชู‰ ูŠุนู‚ ุนู† ุงู„ู…ูˆู„ูˆุฏุŒ ูˆุฅุฐุง ูƒุจุฑ ุงู„ู…ูˆู„ูˆุฏ ูˆุดุจ ูˆู„ู… ูŠุนู‚ ุนู†ู‡ุŒ ูู‡ู„ ูŠุนู‚ ุนู†ู‡ ูˆู‡ูˆ ูƒุจูŠุฑุŸ

ุงู„ุนู‚ูŠู‚ุฉ ุณู†ุฉ ู…ุคูƒุฏุฉ, ูˆู‡ูŠ ุฐุจูŠุญุชุงู† ุนู† ุงู„ุฑุฌู„ ูˆุฐุจูŠุญุฉ ูˆุงุญุฏุฉ ุนู† ุงู„ุฃู†ุซู‰ุŒ ูƒู…ุง ุฃู…ุฑ ุงู„ู†ุจูŠ -ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…- ุฃู† ูŠุนู‚ ุนู† ุงู„ุบู„ุงู… ุดุงุชุงู† ูˆุนู† ุงู„ุฌุงุฑูŠุฉ ุดุงุฉุŒ ูˆูˆู‚ุชู‡ุง ูŠูˆู… ุงู„ุณุงุจุนุŒ ู‡ุฐุง ู‡ูˆ ุงู„ุฃูุถู„ ุงู„ูŠูˆู… ุงู„ุณุงุจุนุŒ ูˆุฅู† ุฐุจุญุช ุจุนุฏ ุฐู„ูƒ ูู„ุง ุญุฑุฌุŒ ูˆู„ูˆ ุจุนุฏ ุณู†ุฉ ุฃูˆ ุณู†ุชูŠู†ุŒ ูˆุฅุฐุง ู„ู… ูŠุนู‚ ุนู†ู‡ ุฃุจูˆู‡ ูˆุฃุญุจ ุฃู† ูŠุนู‚ ุนู† ู†ูุณู‡ ูู‡ุฐุง ุญุณู† ูู…ุดุฑูˆุน ููŠ ุญู‚ ุงู„ุฃุจ ู„ูƒู† ู„ูˆ ุนู‚ ุนู† ู†ูุณู‡ ุฃูˆ ุนู‚ุช ุนู† ุฃู…ู‡ ุฃูˆ ุฃุฎูˆู‡ ูู„ุง ุจุฃุณุŒ ูƒู„ู‡ ุญุณู† -ุฅู† ุดุงุก ุงู„ู„ู‡- ูˆู„ูŠุณ ู„ู‡ ูˆู‚ุช ู…ุญุฏูˆุฏ ูˆู„ูˆ ุจุนุฏ ุณู†ุฉ ุฃูˆ ุณู†ุชูŠู†, ูˆู„ูˆ ูƒุงู† ูƒุจูŠุฑุงู‹ุŒ ู„ูƒู† ุงู„ุณู†ุฉ ุฃู† ูŠุนู‚ ุงู„ุฃุจ ุนู† ูˆู„ุฏู‡ ููŠ ูŠูˆู… ุงู„ุณุงุจุนุŒ ู‡ุฐุง ู‡ูˆ ุงู„ุณู†ุฉ.

๐Ÿ’ป๐ŸŒ http://forumsalafy.net/apa-hukum-aqiqah-dan-kapan-waktunya/

————-

turut menyebarkan: ๐ŸŒนsyarhus sunnah lin nisaa`

๐ŸŒธใ€ฐ๐ŸŒธใ€ฐ๐ŸŒธใ€ฐ๐ŸŒธใ€ฐ๐ŸŒธ

Advertisements