HAKIKAT UKHUWAH

IMG-20150810-WA0043

HAKIKAT UKHUWAH

βœ’πŸ“‚ Asy Syaikh Abdul Aziz bin Abdillah bin Baz rahimahullah

πŸ“¬ Pertanyaan: Apakah seseorang mendapatkan udzur jika dia membenci sebagian orang dilandasi sebuah sebab atau bahkan tanpa sebab? Dan apakah ini masuk dalam sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam: “Sesungguhnya kecintaan hati tidaklah berada di bawah kendalimu.” ?

πŸ”“ Jawaban: Kami tidak mengetahui hadits ini.

Akan tetapi, yang wajib bagi setiap muslim untuk mencintai saudaranya karena Allah dan tidak boleh dia membencinya kecuali jika saudaranya tersebut melakukan kemungkaran, maka dia membencinya sekadar perbuatan mungkar yang dia lakukan atau kalau dia orang kafir, maka dia membencinya karena Allah.

πŸ”₯ Adapun membenci saudaranya tanpa sebab, maka tidak boleh, dan yang wajib adalah mencintai saudaranya karena Allah, mencintai dan membenci karena Allah.

πŸŒ€ Dan tidak diperbolehkan membenci saudaranya tanpa haq.

πŸ‘‹πŸ» Adapun kalau dia membenci saudaranya karena dia telah mendzoliminya atau mengambil hartanya atau saudaranya melaporkan dia ke pemerintahan dengan tanpa alasan yang benar sehingga dia merasa tersakiti atau semisalnya, maka tidak mengapa dia membencinya sekadarnya saja dan dia masih tetap mencintainya dikarenakan keislaman dan keimanan yang ada pada saudaranya.

πŸ“š http://www.binbaz.org.sa/node/20502

πŸ“ Alih bahasa : Syabab Forum Salafy

πŸ’»πŸŒ http://forumsalafy.net/hakikat-ukhuwah/

πŸ”…πŸ”…πŸ”…πŸ”…πŸ”…πŸ”…πŸ”…πŸ”…