BOLEHKAH MEMUKUL MURID

IMG-20150820-WA0007

❓❓ BOLEHKAH MEMUKUL MURID

✒📂 Asy Syaikh Abdul Aziz Bin Baz rahimahullah

📫 Tanya:

Apa hukumnya memukul murid dengan tujuan memberikan pengajaran dan sebagai penekanan untuk menunaikan kewajiban yang dituntut dari mereka, juga dengan maksud membiasakan mereka agar tidak meremehkan kewajiban?

🔓 Jawab:

✋“Tidak apa-apa hal itu dilakukan, karena guru dan orangtua harus memerhatikan anak-anak didiknya. Siapa yang pantas dihukum maka diberikan hukuman, misalnya karena ia meremehkan kewajibannya. Semuanya dilakukan dengan tujuan agar anak terbiasa berakhlak dengan akhlak yang utama/mulia dan agar terus istiqamah dengan amal shalihnya.

👉Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam sendiri pernah bersabda:

.

مُرُوا أَوْلاَدَكُمْ بِالصَّلاَةِ لِسَبْعٍ وَاضْرِبُوهُمْ عَلَيْهَا لِعَشْرٍ وَفَرِّقُوا بَيْنَهُمْ فِي الْمَضَاجِعِ

.

🔺“Perintahkanlah anak-anak kalian untuk mengerjakan shalat ketika mereka telah berusia tujuh tahun dan pukullah mereka bila meninggalkan shalat pada usia sepuluh tahun serta pisahkanlah di antara mereka di tempat tidurnya.” [1]

☝Anak laki-laki dipukul. Demikian pula anak perempuan bila sampai usia sepuluh tahun masih meninggalkan shalat.

🎀Anak yang seperti itu diberi pukulan pendidikan hingga ia istiqamah mengerjakan ibadah shalatnya. Demikian pula dalam kewajiban-kewajiban yang lain, dalam belajar mengajar, pekerjaan rumah, dan selainnya.

🔰Wajib bagi para wali dari anak-anak yang masih kecil, baik anaknya laki-laki ataupun perempuan, agar memerhatikan dan menyempatkan memberi arahan serta pengajaran kepada mereka.

👆✔Namun yang harus diingat, pukulan yang diberikan kepada anak adalah pukulan yang ringan, tidak berbahaya bagi si anak sehingga dengannya akan tercapailah tujuan.”

.

📚 [Fatawa Al-Mar`ah Al-Muslimah, hal. 573]

✔Catatan Kaki:

1. Diriwayatkan Ahmad dan Abu Dawud. Kata Asy-Syaikh Al-Albani dalam Shahih Abi Dawud, “Hadits hasan shahih.” (–pent.)

💻 Arsip WSI || http://forumsalafy.net/bolehkah-memukul-murid/

➖➖➖

turut menyebarkan: 🌹syarhus sunnah lin nisaa`

〰🌸〰🌸〰🌸〰🌸〰🌸〰