HAK DAN KEWAJIBAN ISTRI

🌹💎🌹💎🌹💎🌹

IMG-20150805-WA0000

✅ HAK DAN KEWAJIBAN ISTRI

🔵 ﺣﻘﻮﻕ ﺍﻟﺰﻭﺟﺔ ﻭﻭﺍﺟﺒﺎﺗﻬﺎ

🔻Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin rahimahullah

°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°

🎀 ﺍﻟﺴﺆﺍﻝ :

ﻣﺎ ﻫﻲ ﺣﻘﻮﻕ ﺍﻟﺰﻭﺟﺔ ﻭﻭﺍﺟﺒﺎﺗﻬﺎ ؟

🎀 ﺍﻻﺟﺎﺑﻪ :

ﺍﻟﺤﻘﻮﻕ ﺍﻟﻮﺍﺟﺒﺔ ﻟﺰﻭﺟﺔ ﻭﺍﻟﺘﻲ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﻟﻴﺲ ﻟﻬﺎ ﺗﻌﻴﻴﻦ ﻓﻲ ﺍﻟﺸﺮﻉ ، ﺑﻞ ﻣﺮﺟﻌﻬﺎ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﻌﺮﻑ، ﻟﻘﻮﻝ ﺍﻟﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ : ‏

( ﻭَﻋَﺎﺷِﺮُﻭﻫُﻦَّ ﺑِﺎﻟْﻤَﻌْﺮُﻭﻑِ ‏) ‏( ﺍﻟﻨﺴﺎﺀ : ﻣﻦ ﺍﻵﻳﺔ 19 ‏)،

ﻭﻗﻮﻟﻪ :

( ﻭَﻟَﻬُﻦَّ ﻣِﺜْﻞُ ﺍﻟَّﺬِﻱ ﻋَﻠَﻴْﻬِﻦَّ ﺑِﺎﻟْﻤَﻌْﺮُﻭﻑِ ‏) ‏( ﺍﻟﺒﻘﺮﺓ : ﻣﻦ ﺍﻵﻳﺔ 228 ‏)،

ﻓﻤﺎ ﺟﺮﻯ ﺑﻪ ﺍﻟﻌﺮﻑ ﻣﻦ ﺍﻟﺤﻘﻮﻕ ﻓﻬﻮ ﺍﺟﺐ ﻭﻣﺎ ﻟﻢ ﻳﺠﺮ ﺑﻪ ﻓﻠﻴﺲ ﺑﻮﺍﺟﺐ

ﺇﻻ ﺇﺫﺍ ﺧﺎﻟﻒ ﺍﻟﻌﺮﻑ ﺍﻟﺸﺮﻉ ﻓﺎﻟﻌﺒﺮﺓ ﺑﻤﺎ ﺟﺎﺀ ﺑﻪ ﺍﻟﺸﺮﻉ، ﻓﻠﻮ ﺟﺮﻯ ﻋﺮﻑ ﺍﻟﻨﺎﺱ ﻋﻠﻰ ﺃﻻ ﻳﺄﻣﺮ ﺍﻟﺮﺟﻞ ﺃﻫﻠﻪ ﺑﺎﻟﺼﻼﺓ ﻭﻻ ﻳﺤﺴﻦ ﺍﻟﺨﻠﻖ ﻓﻬﺬﺍ ﻋﺮﻑ ﺑﺎﻃﻞ، ﺃﻣﺎ ﺇﺫﺍ ﻟﻢ ﻳﺨﺎﻟﻒ ﻋﺮﻑ ﺍﻟﻨﺎﺱ ﺍﻟﺸﺮﻉ ﻓﻘﺪ ﺭﺩ ﺍﻟﻠﻪ ﺇﻟﻴﻪ ﻓﻲ ﺍﻵﻳﺎﺕ ﺍﻟﺴﺎﺑﻘﺔ.

ﻭﺍﻟﻮﺍﺟﺐ ﻋﻠﻰ ﻭﻻﺓ ﺍﻷﻣﺮ ﻓﻲ ﺍﻟﺒﻴﻮﺕ ﺃﻥ ﻳﺘﻘﻮﺍ ﺍﻟﻠﻪ ﻓﻴﻤﻦ ﻭﻻﻫﻢ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻣﻦ ﺍﻟﻨﺴﺎﺀ ﺃﻭ ﺍﻟﺮﺟﺎﻝ ﻭﺃﻻ ﻳﻬﻤﻠﻮﻫﻢ ، ﻭﻗﺪ ﺗﺠﺪ ﺍﻟﺮﺟﻞ ﻳﻬﻤﻞ ﺃﻭﻻﺩﻩ ، ﺫﻛﻮﺭﺍً ﻭﺇﻧﺎﺛﺎً ﻓﻼ ﻳﺴﺄﻝ ﻋﻤﻦ ﻏﺎﺏ ﺃﻭ ﺣﻀﺮ ﻭﻻ ﻳﺠﻠﺲ ﻣﻌﻬﻢ ﻭﻗﺪ ﻳﻤﺮ ﺑﺎﻟﺮﺟﻞ ﺍﻟﺸﻬﺮ ﻭﺍﻟﺸﻬﺮﺍﻥ ﻭﻻ ﻳﺠﺘﻤﻊ ﺑﺄﻭﻻﺩﻩ ﺃﻭ ﺯﻭﺟﺘﻪ ، ﻭﻫﺬﺍ ﺧﻄﺄ ﻋﻈﻴﻢ

ﺑﻞ ﻧﻨﺼﺢ ﺇﺧﻮﺍﻧﻨﺎ ﺃﻥ ﻳﺤﺮﺻﻮﺍ ﻋﻠﻰ ﺟﻤﻊ ﺍﻟﺸﻤﻞ ﻭﻟﻢ ﺍﻟﺸﻌﺚ ﻭﺃﻥ ﻳﻜﻮﻥ ﺍﻟﻐﺪﺍﺀ ﻭﺍﻟﻌﺸﺎﺀ ﻟﻠﺠﻤﻴﻊ ﻳﺠﺘﻤﻌﻮﻥ ﻋﻠﻴﻪ ، ﻭﻟﻜﻦ ﻻ ﺗﺠﻤﻊ ﺍﻟﻤﺮﺃﺓ ﺑﺎﻟﺮﺟﺎﻝ ﺍﻷﺟﺎﻧﺐ ، ﻭﻫﺬﺍ ﻗﺪ ﺻﺎﺭ ﻋﻨﺪ ﺍﻟﻨﺎﺱ ﻣﻦ ﺍﻷﻋﺮﺍﻑ ﺍﻟﻤﻨﻜﺮﺓ ﺍﻟﻤﺨﺎﻟﻔﺔ ﻟﻠﺸﺮﻉ ﺣﻴﺚ ﻳﺠﺘﻤﻊ ﺍﻟﺮﺟﺎﻝ ﻭﺍﻟﻨﺴﺎﺀ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻄﻌﺎﻡ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻜﻮﻧﻮﺍ ﻣﺤﺎﺭﻡ .

📝📚 (‏ﺩﺭﻭﺱ ﻭﻓﺘﺎﻭﻯ ﺍﻟﺤﺮﻡ ﺍﻟﻤﻜﻲ ﻟﻠﺸﻴﺦ ﺍﺑﻦ ﻋﺜﻴﻤﻴﻦ ﺟـ 3/245)

______________________________________

🎀 Pertanyaan:

❓Apa saja hak dan kewajiban istri?

🎀 Jawab:

🏡☀ Hak istri yang wajib (ditunaikan oleh suami) dan kewajiban istri (yang harus dia tunaikan terhadap suami) tidak disebutkan secara tertentu dalam syariat. Hal ini kembali kepada kebiasaan (masyarakat setempat) berdasarkan firman Allah ta’ala

( ﻭَﻋَﺎﺷِﺮُﻭﻫُﻦَّ ﺑِﺎﻟْﻤَﻌْﺮُﻭﻑِ ‏)

“Dan bergaullah dengan mereka secara patut.”

(an-Nisa: 19)

( ﻭَﻟَﻬُﻦَّ ﻣِﺜْﻞُ ﺍﻟَّﺬِﻱ ﻋَﻠَﻴْﻬِﻦَّ ﺑِﺎﻟْﻤَﻌْﺮُﻭﻑِ ‏)

“Dan para wanita mempunyai hak yang seimbang dengan kewajibannya menurut cara yang ma’ruf.”

(al-Baqarah: 228)

⛲ Jadi, apa yang menurut kebiasaan setempat adalah hak istri, maka wajib (ditunaikan oleh suami). Sebaliknya, sesuatu yang tidak dianggap wajib oleh kebiasaan masyarakat setempat, maka tidak wajib pula (ditunaikan).

⚠ Hanya saja, ketika kebiasaan setempat menyelisihi syariat, maka syariatlah yang diambil. Misalnya, menurut kebiasaan setempat, seorang suami tidak memerintah keluarganya mendirikan shalat dan berakhlak yang baik. Ini adalah kebiasaan yang batil. Adapun kebiasaan masyarakat setempat yang tidak menyelisihi syariat, Allah ‘azza wa jalla mengembalikan (hukum) kepadanya, sebagaimana disebutkan oleh ayat di atas.

🔑 Para pemegang kekuasaan dalam rumah tangga wajib bertakwa kepada Allah dalam hal orang-orang yang berada di bawah kekuasaan mereka, baik laki-laki maupun perempuan, dan memberi perhatian kepada mereka. Terkadang kita dapati seorang ayah tidak memerhatikan anak-anaknya, baik yang lelaki maupun yang perempuan. Dia tidak pernah menanyakan keadaan anaknya, baik yang ada di rumah maupun yang pergi. Tidak pernah pula ia duduk bercengkerama bersama anak-anaknya. Terkadang pula seorang ayah tidak berkumpul bersama anak-anak atau istrinya selama satu-dua bulan. Ini adalah kesalahan yang besar.

🍂 Kami menasihati saudara-saudara kami agar bersemangat menyatukan kembali (anggota keluarga). Hendaknya semuanya bisa menghadiri makan siang dan makan malam bersama. Hanya saja, kaum perempuan dari lelaki yang bukan mahram harus dipisah. Hal ini telah menjadi kebiasaan yang mungkar dan menyelisihi syariat, mereka mengumpulkan lelaki dan perempuan yang bukan mahram ketika jamuan makan.

📝📚 Durus wa Fatawa al-Haramil Makki, 3/245, asy-Syaikh Ibnu Utsaimin

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

✍ Syabab Ashhabus Sunnah

📜➧Untuk fawaaid lainnya bisa kunjungi website kami:

🌏 http://www.ittibaus-sunnah.net

◉ ◈ ◉ ◈ ◉ ◈ ◉ ◈ ◉ ◈ ◉

📌 أصحاب السنة

⭐ASHHABUS SUNNAH✪

——————–

turut memublikasikan: 🌹syarhus sunnah lin nisaa`

https://catatanmms.wordpress.com

🌿〰🌸〰🌸🌸〰🌸〰🌿

Advertisements