FIQH SHOLAT: SUJUD SAHWI (bag 1)

๐Ÿ“š๐Ÿ“š๐Ÿ“š๐Ÿ“š๐Ÿ“š๐Ÿ“šIMG-20150807-WA0008

——————-

FIQH SHOLAT : SUJUD SAHWI (Bag ke-1)

——————-

โ“โ“Apakah yang Dimaksud dengan Sujud Sahwi?

โœ”Jawab:

Sujud sahwi adalah dua kali sujud (baik sebelum atau setelah salam) yang dilakukan karena lupa melakukan sesuatu bacaan atau gerakan dalam sholat yang disyariatkan atau ragu dalam sholat (seperti ragu tentang jumlah rokaat).

โ“โ“Apakah hukum sujud sahwi?

โœ”Jawab:

Para Ulamaโ€™ sepakat bahwa sujud sahwi adalah disyariatkan. Namun mereka berbeda pendapat tentang hukumnya dalam 3 hal utama:

a) Wajib, menurut pendapat al-Hanafiyah.

b) Sunnah (mustahab), menurut pendapat al-Malikiyyah dan Asy-Syafiiyah, namun menjadi wajib bagi makmum jika Imam melakukannya.

c) Kadangkala hukumnya wajib, mustahab, dan mubah (boleh), tergantung apa yang terlupa dilakukan dalam sholat, menurut al-Hanaabilah. Jika yang terlupakan adalah termasuk kewajiban sholat, maka hukumnya wajib. (disarikan dari al-Fiqhu โ€˜alal madzaahibil arbaโ€™ah karya Abdurrahman al-Jaziiri juz 1 halaman 706).

Dalam hal ini pendapat yang rajih adalah pendapat yang menyatakan bahwa hukum sujud sahwi sesuai dengan apa yang terlupa dalam sholat. Jika yang terlupa adalah kewajiban, maka hukum sujud sahwi adalah wajib. Wallaahu Aโ€™lam.

โ“โ“Dalam keadaan bagaimana seseorang disyariatkan untuk melakukan sujud sahwi?

โœ”Jawab:

Disyariatkan sujud sahwi jika terlupa dalam hal : penambahan, kekurangan, atau ragu dalam sholat. Jika penambahan dan pengurangan dilakukan secara sengaja, maka sholatnya batal, tidak bisa diganti dengan sujud sahwi .

(Fatwa Syaikh Muhammad bin Sholih al-Utsaimin).

Sujud sahwi dilakukan baik di dalam sholat wajib maupun sholat sunnah sesuai keumuman dalil yang ada.

โ“โ“Apakah Nabi Muhammad shollallaahu โ€˜alaihi wasallam pernah lupa dalam sholat?

โœ”Jawab:

Ya, beliau juga pernah lupa dalam sholatnya dan melakukan sujud sahwi. Terdapat beberapa keadaan yang diriwayatkan tentang hal itu:

a).ย  Sholat 5 rokaat yang semestinya 4 rokaat

(riwayat al-Bukhari dan Muslim dari Ibnu Masโ€™ud).

ุฃูŽู†ูŽู‘ ุงู„ู†ูŽู‘ุจููŠูŽู‘ ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…ูŽ ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ุธูู‘ู‡ู’ุฑูŽ ุฎูŽู…ู’ุณู‹ุง ููŽู„ูŽู…ูŽู‘ุง ุณูŽู„ูŽู‘ู…ูŽ ู‚ููŠู„ูŽ ู„ูŽู‡ู ุฃูŽุฒููŠุฏูŽ ูููŠ ุงู„ุตูŽู‘ู„ูŽุงุฉู ู‚ูŽุงู„ูŽ ูˆูŽู…ูŽุง ุฐูŽุงูƒูŽ ู‚ูŽุงู„ููˆุง ุตูŽู„ูŽู‘ูŠู’ุชูŽ ุฎูŽู…ู’ุณู‹ุง ููŽุณูŽุฌูŽุฏูŽ ุณูŽุฌู’ุฏูŽุชูŽูŠู’ู†ู

โ€œSesungguhnya Nabi shollallaahu โ€˜alaihi wasallam sholat dzhuhur 5 rokaat, ketika selesai salam ditanyakan kepada beliau: Apakah sholat ditambah? Nabi menyatakan: Ada apa? Para Sahabat berkata: Anda telah sholat 5 rokaat. Maka beliau sujud dua kali sujudโ€

(Muttafaqun โ€˜alaih).

b). Sholat 2 rokaat yang semestinya 4 rokaat

(H.R alBukhari dan Muslim dari Abu Hurairah).

ุฃูŽู†ูŽู‘ ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…ูŽ ุงู†ู’ุตูŽุฑูŽููŽ ู…ูู†ู’ ุงุซู’ู†ูŽุชูŽูŠู’ู†ู ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ู„ูŽู‡ู ุฐููˆ ุงู„ู’ูŠูŽุฏูŽูŠู’ู†ู ุฃูŽู‚ูŽุตูุฑูŽุชู’ ุงู„ุตูŽู‘ู„ูŽุงุฉู ุฃูŽู…ู’ ู†ูŽุณููŠุชูŽ ูŠูŽุง ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…ูŽ ุฃูŽุตูŽุฏูŽู‚ูŽ ุฐููˆ ุงู„ู’ูŠูŽุฏูŽูŠู’ู†ู ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุงู„ู†ูŽู‘ุงุณู ู†ูŽุนูŽู…ู’ ููŽู‚ูŽุงู…ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…ูŽ ููŽุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงุซู’ู†ูŽุชูŽูŠู’ู†ู ุฃูุฎู’ุฑูŽูŠูŽูŠู’ู†ู ุซูู…ูŽู‘ ุณูŽู„ูŽู‘ู…ูŽ ุซูู…ูŽู‘ ูƒูŽุจูŽู‘ุฑูŽ ููŽุณูŽุฌูŽุฏูŽ ู…ูุซู’ู„ูŽ ุณูุฌููˆุฏูู‡ู ุฃูŽูˆู’ ุฃูŽุทู’ูˆูŽู„ูŽ ุซูู…ูŽู‘ ุฑูŽููŽุนูŽ

โ€œSesungguhnya Rasulullah shollallaahu โ€˜alaihi wasallam berpaling (salam) pada 2 rokaat, kemudian Dzul Yadain berkata: โ€˜Apakah sholat diqoshor atau anda lupa, wahai Rasulullah?โ€™. Rasulullah shollallaahu โ€˜alaihi wasallam bersabda: Apakah Dzul Yadain benar? Para Sahabat berkata: Ya. Maka bangkitlah Rasulullah shollallaahu โ€˜alaihi wasallam kemudian sholat 2 rokaat yang lain kemudian salam, kemudian takbir kemudian sujud seperti sujud sebelumnya atau lebih lama, kemudian beliau mengangkat kepalanyaโ€

(lafadz sesuai riwayat alBukhari).

c). Sholat 3 rokaat yang semestinya 4 rokaat

(H.R Muslim dari โ€˜Imron bin Hushain).

ุฃูŽู†ูŽู‘ ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…ูŽ ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู’ุนูŽุตู’ุฑูŽ ููŽุณูŽู„ูŽู‘ู…ูŽ ูููŠ ุซูŽู„ูŽุงุซู ุฑูŽูƒูŽุนูŽุงุชู ุซูู…ูŽู‘ ุฏูŽุฎูŽู„ูŽ ู…ูŽู†ู’ุฒูู„ูŽู‡ู ููŽู‚ูŽุงู…ูŽ ุฅูู„ูŽูŠู’ู‡ู ุฑูŽุฌูู„ูŒ ูŠูู‚ูŽุงู„ู ู„ูŽู‡ู ุงู„ู’ุฎูุฑู’ุจูŽุงู‚ู ูˆูŽูƒูŽุงู†ูŽ ูููŠ ูŠูŽุฏูŽูŠู’ู‡ู ุทููˆู„ูŒ ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ูŠูŽุง ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ููŽุฐูŽูƒูŽุฑูŽ ู„ูŽู‡ู ุตูŽู†ููŠุนูŽู‡ู ูˆูŽุฎูŽุฑูŽุฌูŽ ุบูŽุถู’ุจูŽุงู†ูŽ ูŠูŽุฌูุฑูู‘ ุฑูุฏูŽุงุกูŽู‡ู ุญูŽุชูŽู‘ู‰ ุงู†ู’ุชูŽู‡ูŽู‰ ุฅูู„ูŽู‰ ุงู„ู†ูŽู‘ุงุณู ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุฃูŽุตูŽุฏูŽู‚ูŽ ู‡ูŽุฐูŽุง ู‚ูŽุงู„ููˆุง ู†ูŽุนูŽู…ู’ ููŽุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุฑูŽูƒู’ุนูŽุฉู‹ ุซูู…ูŽู‘ ุณูŽู„ูŽู‘ู…ูŽ ุซูู…ูŽู‘ ุณูŽุฌูŽุฏูŽ ุณูŽุฌู’ุฏูŽุชูŽูŠู’ู†ู ุซูู…ูŽู‘ ุณูŽู„ูŽู‘ู…ูŽ

โ€œSesungguhnya Rasulullah shollallaahu โ€˜alaihi wasallam sholat ashr, kemudian beliau salam pada rokaat ke-3 kemudian masuk rumahnya, maka bangkitlah seseorang yang disebut al-Khirbaaq yang memiliki tangan panjang.

Maka ia berkata: “Wahai Rasulullahโ€ฆkemudian disebutkan apa yang dilakukan Nabi. Maka beliau kemudian keluar (seperti terlihat marah) menarik selendangnya sampai (di hadapan) manusia.

Kemudian beliau bertanya: โ€˜Apakah lelaki ini benar?โ€™

Para Sahabat menjawab: ya.

Maka kemudian Nabi sholat satu rokaat, kemudian salam, kemudian sujud 2 kali sujud, kemudian salamโ€

(H.R Muslim).

d) Meninggalkan tasyahhud awal pada sholat Dzuhur

(Muttafaqun โ€˜alaih dari Abdullah bin Buhainah).

ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ู„ูŽู†ูŽุง ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…ูŽ ุฑูŽูƒู’ุนูŽุชูŽูŠู’ู†ู ู…ูู†ู’ ุจูŽุนู’ุถู ุงู„ุตูŽู‘ู„ูŽูˆูŽุงุชู ุซูู…ูŽู‘ ู‚ูŽุงู…ูŽ ููŽู„ูŽู…ู’ ูŠูŽุฌู’ู„ูุณู’ ููŽู‚ูŽุงู…ูŽ ุงู„ู†ูŽู‘ุงุณู ู…ูŽุนูŽู‡ู ููŽู„ูŽู…ูŽู‘ุง ู‚ูŽุถูŽู‰ ุตูŽู„ูŽุงุชูŽู‡ู ูˆูŽู†ูŽุธูŽุฑู’ู†ูŽุง ุชูŽุณู’ู„ููŠู…ูŽู‡ู ูƒูŽุจูŽู‘ุฑูŽ ู‚ูŽุจู’ู„ูŽ ุงู„ุชูŽู‘ุณู’ู„ููŠู…ู ููŽุณูŽุฌูŽุฏูŽ ุณูŽุฌู’ุฏูŽุชูŽูŠู’ู†ู ูˆูŽู‡ููˆูŽ ุฌูŽุงู„ูุณูŒ ุซูู…ูŽู‘ ุณูŽู„ูŽู‘ู…ูŽ

โ€œRasulullah shollallaahu โ€˜alaihi wasallam sholat bersama kami 2 rokaat, kemudian bangkit tidak duduk (tasyahhud). Maka manusiapun turut berdiri bersama beliau. Ketika menyelesaikan sholatnya dan kami menunggu salam, beliau bertakbir sebelum salam kemudian sujud dua kali sujud dalam keadaan duduk,ย  kemudian salamโ€

(Muttafaqun โ€˜alaih).

(disarikan dari Shahih Fiqhis Sunnah juz 1 halaman 460-461 karya Abu Malik Kamaal bin as-Sayyid Saalim).

(Abu Utsman Kharisman)

WA al-Iโ€™tishom

——————–

turut memublikasikan: ๐ŸŒนsyarhus sunnah lin nisaa`

https://catatanmms.wordpress.com

๐ŸŒฟใ€ฐ๐ŸŒธใ€ฐ๐ŸŒธ๐ŸŒธใ€ฐ๐ŸŒธใ€ฐ๐ŸŒฟ