APAKAH MUWAZANAH TERMASUK MANHAJ SALAF?

🔊📚🔥💡IMG-20150802-WA0006

PELAJARAN MANHAJ UNTUK HIZBIYYUN, SURURIYYUN, HALABIYYUN, RODJAIYYUN DARI ULAMA SALAFY (Bagian 4)

📂 APAKAH MUWAZANAH TERMASUK MANHAJ SALAF?

✒📂 Asy Syaikh Ahmad bin Yahya an Najmiy رحمه الله

📫 Soal: Apakah muwazanah antara kebaikan dan kejelekan dalam bingkai nasehat termasuk bagian dari manhaj salaf atau tidak?MANHAJ

🔓 Jawaban: Ini bukan bagian dari manhaj salaf. Tidak ada seorangpun yang mengatakannya kecuali di zaman kita ini. Metode ini dikoarkan oleh orang-orang ikhwani (IM) dan para pengikutnya. Mereka mengatakan: “Harus ada muwazanah antara kebaikan dan kejelekan.”

👎 Dan ini batil. Metode ini tidak memiliki landasan kebenaran. Tidak ada landasan dari Kitab, tidak ada landasan dari Sunnah, dan tidak pernah diamalkan oleh seorangpun dari shahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi was salam maupun dari kalangan salafush shaleh. Nabi shallallahu ‘alaihi was salam sebagaimana yang telah diketahui tatkala Fathimah bintu Qaisy meminta nasehat kepada beliau, maka beliau berbicara tentang Mu’awiyah dan Abu Jahm. Beliau mengatakan:

📢 “Adapun Mu’awiyah, maka dia itu miskin, tidak memiliki harta. Sedangkan Abu Jahm maka dia sering memukul wanita.”

✋ Dan beliau tidak menyebutkan kebaikan-kebaikan mereka sedikitpun. Dan demikian bila kita ingin meninjau dalil-dalil ini, maka kita akan mendapatinya ada di sebuah kitab yang telah disusun oleh Fadhilatusy Syaikh as-Salafi Rabi’ bin Hadi al-Madkhali hafizhahullah beserta bantahan terhadap para orator pengusung manhaj ini.

📖 [Fadhilatusy Syaikh al-‘Allamah Ahmad bin Yahya an-Najmi rahimahullah, al-Fatawa al-Jaliyah ‘anil Manahijid Da’awiyyah/ 5 hal 9-10]

📚 Sumber: http://www.sahab.net/forums/index.php?showtopic=148267

📝 Alih bahasa : Syabab Forum Salafy

💻 Arsip WSI ||http://forumsalafy.net/apakah-muwazanah-termasuk-manhaj-salaf/

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

Advertisements