🌴FATWA-FATWA TENTANG PERHIASAN KAUM HAWA🌴 bag 2⃣

bismillaah…

🔰24 jumadil awal 1436/ 15 maret 2015🔰

IMG-20150315-WA0001

 

🌿🌹🌿🌹🌿🌹🌿🌹🌿

🌴FATWA-FATWA TENTANG PERHIASAN KAUM HAWA🌴

bag 2⃣

 

🎀HUKUM  W I G (RAMBUT PALSU)🎀

 

📝 Wig adalah rambut palsu

 

✔Asy-Syaikh Al Utsaimin ditanya tentang hal ini, maka beliau menjawab :

 

” Rambut palsu itu haram dan termasuk dalam hukum menyambung rambut walaupun tidak berupa sambungan, maka rambut palsu ini membuat rambut wanita tampak lebih panjang dari yang sebenarnya. Dan hal ini serupa dengan menyambung rambut. Dan Rosululloh melaknat wanita-wanita yang menyambung rambut dan wanita-wanita yang minta disambung rambutnya. Akan tetapi jika pada asalnya wanita itu tidak memiliki rambut atau mengalami kebotakan maka tidak mengapa penggunaan rambut palsu tersebut untuk menutupi aibnya, karena menghilangkan aib itu diperbolehkan. Oleh karena itu Rosululloh memperbolehkan bagi orang yang terpotong hidungnya disalah satu peperangan untuk membuat hidung dari emas. ”

 

(FATAWA ZIINAH WA TAJMIL AN-NISA ABI ANAS Hal.23)

 

 

✔Ditanyakan kepada Asy-Syaikh Al Utsaimin –Hafidzohulloh-bahwa di Amerika berhasil dilakukan penanaman rambut bagi orang-orang yang mengalami kebotakan, dan hal itu dilakukan dengan mengambil rambut bagian belakang kepala kemudian ditanam dibagian yang mengalami kebotakan, apakah hal ini diperbolehkan ?

 

👉Maka beliau menjawab :

 

“Iya, diperbolehkan karena ini termasuk dalam perkara mengembalikan apa-apa yang Allah ciptakan dan termasuk perkara menghilangkan aib, dan bukan termasuk perkara mempercantik diri atau menambah apa-apa yang Allah telah ciptakan, maka hal ini tidak termasuk dalam perkara mengubah ciptaan Allah bahkan termasuk dalam perkara mengembalikan apa-apa yang kurang dan menghilangkan aib. Dan tidak samar bagi kita apa yang terjadi pada kisah tiga orang bani israil yang salah satu diantara mereka botak, dan disebutkan dalam kisah tersebut bahwasanya dia menyukai agar Allah mengembalikan rambutnya, maka malaikat mengusap kepalanya lalu Allah mengembalikan rambutnya dan memberinya rambut yang indah.

 

(FATAWA ZIINAH WA TAJMIL AN-NISA ABI ANAS Hal.76)

 

 

**********

 

 

🎀MENYANGGUL DAN MENGIKAT RAMBUT🎀

 

 

📝Diriwayatkan oleh Imam Muslim No.2128 dalam Shohih-nya dari hadist Abu Huroiroh, bahwasanya Rosululloh bersabda :

 

« صِنْفَانِ مِنْ أَهْلِ النَّارِ لَمْ أَرَهُمَا قَوْمٌ مَعَهُمْ سِيَاطٌ كَأَذْنَابِ الْبَقَرِ يَضْرِبُونَ بِهَا النَّاسَ وَنِسَاءٌ كَاسِيَاتٌ عَارِيَاتٌ مُمِيلاَتٌ مَائِلاَتٌ رُءُوسُهُنَّ كَأَسْنِمَةِ الْبُخْتِ الْمَائِلَةِ لاَ يَدْخُلْنَ الْجَنَّةَ وَلاَ يَجِدْنَ رِيحَهَا وَإِنَّ رِيحَهَا لَيُوجَدُ مِنْ مَسِيرَةِ كَذَا وَكَذَا ».

 

 

Artinya :

” Dua golongan dari ahli neraka yang aku belum pernah melihat keduanya, kaum yang memiliki cambuk seperti ekor sapi yang dia pakai untuk memukul manusia, dan perempuan yang berpakaian tapi telanjang, melenggak-lenggok jalannya, dan kepala mereka seperti punuk onta yang miring, mereka tidak akan masuk surga dan tidak akan mencium baunya, dan sesungguhnya bau surga itu bisa dicium dari jarak sekian dan sekian.”

 

🌿Berkata Imam An-Nawawi –rohimahulloh- :

Makna ((Kepala-kepala mereka seperti punuk onta yang miring)) : Yakni mereka memperbesar kepala-kepala mereka dengan cara membalutnya dengan sorban atau ikat kepala atau yang semisalnya.

 

✔Asy-Syaikh Al-Utsaimin –rohimahulloh- ditanya tentang hukum wanita yang mengumpulkan rambutnya diatas kepalanya atau yang biasa mereka sebut dengan sanggul ?

 

👉Maka beliau menjawab :

Rambut jika dikumpulkan dibagian atas kepala, maka para ulama berpendapat bahwasanya hal ini termasuk dalam larangan dan peringatan yang datang dari Nabi pada sabda beliau :

” Dua golongan dari ahli neraka yang aku belum pernah melihat keduanya.”

dan dalam hadist ini disebutkan (( Dan perempuan yang berpakaian tapi telanjang melenggak-lenggok jalannya, dan kepala-kepala mereka seperti punuk onta yang miring )).

Jadi, jika rambut dikumpulkan dibagian atas kepala maka terdapat larangannya, adapun jika dikumpulkan diatas tengkuk –misalnya- maka hal ini tidak mengapa, kecuali jika wanita itu ingin keluar ke pasar[1] maka dalam keadaan seperti ini hal tersebut termasuk tabarruj (yakni mempertontonkan hiasan dan kecantikannya pada orang lain –pent-) karena akan tampak menonjol dari belakang aba’ah (jilbab) dan ini termasuk tabarruj dan juga merupakan sebab fitnah maka tidak diperbolehkan.

 

(FATAWA ZIINAH WA TAJMIL AN-NISA ABI ANAS Hal.31)

 

 

✔Asy-Syaikh Al-Albany –rahimahulloh- ditanya tentang hukum mengumpulkan rambut diatas tengkuk dan dibelakang kepala bagi wanita, yang mana hal tersebut memberikan bentuk seperti gulungan dan perlu diketahui bahwa wanita ketika berhijab rambutnya akan tampak menonjol dari belakang hijab?

 

👉Maka beliau menjawab :

 

Ini adalah suatu kesalahan yang banyak terjatuh didalamnya para wanita yang mengenakan hijab yang mana mereka mengumpulkan rambut-rambut mereka dibelakang kepala sehingga tampak menonjol dari belakang walaupun mereka menutupinya dengan hijab. Maka sesungguhnya hal ini menyelisihi syarat dari syarat-syarat hijab yang telah aku kumpulkan dalam kitabku ((HIJAB AL MAR’AH ALMUSLIMAH FIL KITABI WA SUNNAH)).

 

Dan termasuk dari syarat-syarat tersebut  adalah : hendaknya pakaian itu tidak menampakkan bentuk badan atau sesuatu dari anggota badan wanita, oleh karena itu TIDAK DIPERBOLEHKAN bagi seorang wanita menggulung atau menyanggul rambut dibagian belakang atau dibagian samping kepalanya, yang mana rambut tersebut akan tampak menonjol dan akan terlihat, walaupun dia tidak bermaksud  untuk menunjukkan bahwa dia adalah seorang wanita yang berambut lebat atau berambut tipis, wajib bagi dia untuk mengurai rambutnya dan tidak melakukan hal tersebut.

 

(MASAAIL NISA`IYAH ALMUKHTAROH MIN FIQH AL ALAMAH ALBANY –NUUROH GHOWY- Hal.117)

 

 

#Diterjemahkan Oleh Ustadzah Aisyah (Mudarrisah di Ma’had Darussalaf Bontang)

 

sumber: http://www.darussalaf.or.id/muslimah/fatwa-fatwa-tentang-perhiasan-kaum-hawa-hukum-wig-rambut-palsu-menyanggul-mengikat-rambut-mewarnai-rambut-serta-mencabut-uban-2/

 

 

🌹❀Syarhus Sunnah lin Nisaa`

📝❀شرح السنة للنساء

 

✿●●✿✿✿✿●●✿

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s