☝Hendaknya kita bersyukur dengan keadaan orang tua yang masih menjaga sholatnya

IMG-20150303-WA0003

🌱🌱🌱🌱🌱🌱

❓Tanya:

Assalaamu’alaikum…

Ustadz maaf mau tanya. Ibu saya usia 80 tahun lebih, sekarang sedang sakit jantung, darah tinggi, maag, demam, batuk, pilek, mual, muntah, kepala pusing, kondisi lemah tidak kuat ke kamar mandi. Sehingga makan dan sholat pun dilakukan sambil tidur. Dan maaf pake pempers buat pipisnya. Yang ingin saya tanyakan boleh tidak sholat masih dalam keadaan memakai pempers yang sudah ada pipisnya (masih pakai baju yang mungkin kena pipis pempers) hanya dengan tayamum TANPA mandi tanpa ganti baju tanpa melepas pempersnya karna kondisi yang demikian. Apalagi ibu selalu merintih karena sedang sakit? Mohon jawabannya ustadz karena ibu ragu tiap kali ibu mau solat. Makasih

Ustadz ada yang bertanya seperti itu, menurut antum bagaimana?

Jazaakallahu khairan..

 

⭕Jawab:

💺Oleh Al Ustadz Abu Nu’man Ibrohim hafizhahullah

 

Bismillaah,

Terkait pertanyaan di forum

Alhamdulillaah, yang pertama kita harus bersyukur orang tua masih menjaga sholat di usia segitu, apalagi dalam keadaan sakit sebagaimana yang disebutkan, kita hendaknya terus memberikan semangat kepadnya untuk tetap menjaganya, di waktu-waktu yang sangat penting ini, apabila tidak ada yang bersamanya (sendirian) maka insya Allaah tidak mengapa shalat dalam keadaan demikian karena tidak mampu membersihkan diri dari najis tersebut,

 

فاتقوا الله ما استطعتم

“maka bertakwalah kalian kepada Allah sekemampuan kalian”

 

🔦Namun jika ada keluarganya bersamanya, anak-anaknya misalkan, maka mereka wajib membantu, berbakti kepada orang tuanya tersebut, tentunya kita mengetahui besarnya perhatian orang tua serta kasih sayangnya kepada anak-anaknya semenjak mereka masih bayi.

 

💡Ingatkah kita…

Ketika mereka rela bangun di malam hari untuk menggantikan popok kita ketika bayi, yang basah yang menyebabkan kita menangis. Padahal di saat mereka sedang tertidur setelah seharian mengurusi kita tanpa beristrahat.

 

✅Ini saatnya kita melayani mereka…

Ketahuilah… bila seluruh waktu kita, disaat ini, kita berikan untuk mereka, melayani mereka, seluruhnya, tidaklah mampu menyamai pengorbanan mereka semenjak dahulu, tidak pula menyamai setengahnya, apalagi bila hanya sebagian kecil saja waktu kita yang diberikan, artinya, bantu mereka, bisa dengan beberapa cara berikut:

 

✔1. Letakan pada kasurnya, alas yang tidak tembus air sehingga mudah dibersihkan.

✔2. Ganti pakaian mereka yang terkena najis serta bersihkan tubuh mereka, serta tempat tidur dengan handuk basah misalkan pada setiap waktu sholat, bila sulit bisa diakhir waktu pertama pada 2 waktu sholat yang bisa dijama’ (dhuhur – ashar, dan maghrib – isya) sehingga beliau bisa mengerjakan 2 sholat berdekatan waktu. Atau kalau tetap masih berat bagi beliau karena sakit, maka insya Allah boleh dijama’ dua sholat tersebut.

✔3. Memudahkan bila beliau memakai 2 setelan pakaian, bagian atas, dengan sarung untuk bagian bawah, sehingga hanya memperhatikan bagian bawah saja.

 

📌Hal ini ditempuh karena diantara syarat sah shalat, harus bersih dari najis pada tempat sholat, pakaian dan badan. Selama memungkinkan maka ini harus terpenuhi, kecuali bila sudah tidak memungkinkan maka bertaqwa sesuai kemampuan.

 

☝Hendaknya kita bersyukur dengan keadaan orang tua yang masih menjaga sholatnya disaat seperti ini, bantu mereka, ini bagian  dari amal sholeh yang besar.

 

🔹Wallaahul muwaffiq Allaahu a’lam

 

🌎http://www.thalabilmusyari.web.id/2015/01/membantu-orang-tua-yang-sakit-untuk.html

 

📚TIS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s