โ™จ๐Ÿ”ฅ PERBEDAAN FUSUQ, ZHALIM DAN NIFAQ

โˆโ‰โƒโˆโ‰โƒโˆโ‰โƒโˆโ‰โƒ

 

โ™จ๐Ÿ”ฅ PERBEDAAN FUSUQ, ZHALIM DAN NIFAQ

โ—ฃโ—ฅโ—ฃโ—ฅโ—ฃโ—ฅโ—ฃโ—ฅโ—ฃโ—ฅโ—ฃโ—ฅโ—ฃโ—ฅโ—ฃ

โ“ุงู„ุณุคุงู„:

๐Ÿ’ก๐Ÿ”…ู…ุง ุงู„ูุฑู‚ ุจูŠู† ุงู„ูุณูˆู‚ ูˆุงู„ุธู„ู… ูˆุงู„ู†ูุงู‚ุŸ ูˆู‡ู„ ุชุฌุชู…ุน ู…ุน ุจุนุถู‡ุง ุงู„ุจุนุถุŸ

โ˜‘ ุงู„ุฌูˆุงุจ:

โ–ซ๐ŸŒ‹ ุงู„ูุณูˆู‚: ู‡ูˆ ุงู„ุฎุฑูˆุฌ ุนู† ุทุงุนุฉ ุงู„ู„ู‡ุŒ ูˆู‡ูˆ ุนู„ู‰ ู†ูˆุนูŠู†:

โ—€ ูุณูˆู‚ ูƒูุฑุŒ ูˆูุณูˆู‚ ู…ุนุตูŠุฉุŒ ูุณู‚ ุฏูˆู† ูุณู‚.

โ—€ ูˆุงู„ู†ูุงู‚ ูƒุฐู„ูƒ: ู†ูุงู‚ ุฃูƒุจุฑ ุงุนุชู‚ุงุฏูŠ: ูˆู‡ูˆ ุฅุธู‡ุงุฑ ุงู„ุฅุณู„ุงู… ูˆุฅุจุทุงู† ุงู„ูƒูุฑุŒ

โ—€ ูˆู†ูุงู‚ ุนู…ู„ูŠ: ูˆู‡ูˆ ุฃู† ูŠูƒูˆู† ุงู„ุฅู†ุณุงู† ู…ุคู…ู†ุง ูˆู„ูƒู† ูŠุญุตู„ ู…ู†ู‡ ุจุนุถ ุตูุงุช ุงู„ู…ู†ุงูู‚ูŠู† ู…ุซู„ ุงู„ูƒุฐุจ ููŠ ุงู„ุญุฏูŠุซุŒ ูˆุงู„ุฎูู„ู ู„ู„ูˆุนุฏุŒ ูˆุงู„ูƒุฐุจ ููŠ ุงู„ุญุฏูŠุซุŒ

๐Ÿ‘†๐Ÿ”บู‡ุฐุง ู†ูุงู‚ ุนู…ู„ูŠ ู…ุง ู‡ูˆ ู†ูุงู‚ ุงุนุชู‚ุงุฏูŠุŒ ุชุฌุจ ุงู„ุชูˆุจุฉ ู…ู†ู‡ ูˆู‡ูˆ ู„ุง ูŠุฎุฑุฌ ู…ู† ุงู„ู…ู„ุฉ.

โ—€ ูˆุงู„ูƒูุฑ ูƒูุฑุงู† ุฃูŠุถุง: ูƒูุฑ ุฃูƒุจุฑ ูŠุฎุฑุฌ ู…ู† ุงู„ู…ู„ุฉุŒ ูˆูƒูุฑ ุฃุตุบุฑ ู„ุง ูŠุฎุฑุฌ ู…ู† ุงู„ู…ู„ุฉ:

๐Ÿ”ธ”ู„ุงูŽ ุชูŽุฑู’ุฌูุนููˆุง ุจูŽุนู’ุฏูู‰ ูƒููู‘ูŽุงุฑู‹ุง ูŠูŽุถู’ุฑูุจู ุจูŽุนู’ุถููƒูู…ู’ ุฑูู‚ูŽุงุจูŽ ุจูŽุนู’ุถู”

โ—€๐Ÿšซ ู‡ุฐุง ุงู„ูƒูุฑ ุงู„ุฃุตุบุฑ ุงู„ุนู…ู„ูŠุŒ ู„ูŠุณ ุงู„ูƒูุฑ ุงู„ุงุนุชู‚ุงุฏูŠ ุงู„ู…ุฎุฑุฌ ู…ู† ุงู„ู…ู„ุฉ ู„ุฃู† ู‚ุชู„ ุงู„ู†ูุณ ูˆุฅู† ูƒุงู† ูƒุจูŠุฑุฉ ู„ูƒู†ู‡ ู„ุง ูŠุฎุฑุฌ ู…ู† ุงู„ู…ู„ุฉ.

โ“Pertanyaan:ย 

๐Ÿ’ก๐Ÿ”…Apa perbedaan antara fusuq, zhalim dan nifaq? Dan apakah bisa bersatu antara satu sama lainnya?

 

โ˜‘ Jawaban:

 

โ–ซ๐ŸŒ‹Fusuq ialah keluar dari ketaatan kepada Alloh, dan dia terbagi 2:

 

โ–ถ Fusuq kufrin, dan fusuq maksiat, yaitu kefasikan yang tidak menjadikan fasiq pelakunya.

 

โ–ถ Nifaq juga demikian: nifaq akbar i’tiqodi: yaitu menampakkan keislaman dan menyembunyikan kekufuran,

 

โ–ถ sedangkan nifaq amali: ialah seseorang beriman namun padanya ada sebagian sifat-sifat munafikin seperti dusta dalam berbicara, menyelisihi janji, dan dusta dalam berbicara,

 

๐Ÿ‘†๐Ÿ”บini adalah nifaq amali bukan nifaq i’tiqodi, wajib bertaubat darinya dan dia tidak mengeluarkan pelakunya dari Islam.

 

โ–ถ Dan kekufuran ada 2 juga: kufur akbar (kekufuran yang besar) yang dapat mengeluarkan dari agama, dan kufur ashghor (kecil) tidak sampai mengeluarkan dari agama:

 

ยซู„ุง ุชุฑุฌุนูˆุง ูƒููู‘ุงุฑุงู‹ ูŠุถุฑุจ ุจุนุถูƒู… ย ุฑู‚ุงุจูŽ ุจุนุถยป

 

๐Ÿ”ธ”Jangan kalian kembali menjadi kafir yang sebagian kalian memenggal leher sebagian lainnya.”

 

โ–ถ๐ŸšซIni adalah kufur ashghor amali, bukan kufur i’tiqodi yang mengeluarkan dari agama karena membunuh jiwa sekalipun dosa besar akan tetapi tidak mengeluarkan dari agama.”

 

โ„น๐Ÿ“ Sumber artikel: ๐Ÿ”—http://www.alfawzan.af.org.sa/node/14722

 

๐ŸŒฑ ๐ŸŒฑ ๐ŸŒฑ

 

๐Ÿ“„โžงUstadz Muhammad Sholehuddin

 

๐Ÿ“œโœชWhatsApp Syarhus Sunnah

๐Ÿ”ฐโœชู…ู†ุชุฏู‰ ุดุฑุญ ุงู„ุณู†ุฉ

๐ŸŒนโ€WhatsApp Syarhus Sunnah lin Nisaa`

๐Ÿ“โ€ุดุฑุญ ุงู„ุณู†ุฉ ู„ู„ู†ุณุงุก

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s