📲HUKUM MENGGUNAKAN EMOTICON DAN SMILEY GAMBAR DALAM APLIKASI MESENGGER🔥🔥

IMG-20141221-WA0012

💻📱💻📱💻📱💻

📲HUKUM MENGGUNAKAN EMOTICON DAN SMILEY GAMBAR DALAM APLIKASI MESENGGER🔥🔥

———-💻———-

1⃣.Fatwa Syaikh bin Baz

———————–

بسم الله و الصلاة والسلام على رسول الله…اما بعد

✒Hal ini masuk dalam keumuman  larangan Nabi -shalallahu ‘alaihi wa sallam- tentang gambar dan wajibnya menghapusnya,sebagaimana dalam hadits Ali -radhiyallahu ‘anhu- secara marfu’  dari Hayyan bin Husain dia berkata, : telah mengatakan kepadaku Ali -radhiyallahu ‘anhu-:

“ketahuilah aku akan mengutusmu atas apa yang Rosulullah telah mengutusku dengannya : Janganlah engkau biarkan ada suatu gambar pun kecuali  engkau menghapusnya dan tidaklah ada kubur yang ditinggikan kecuali engkau meratakannya.”

(HR. Muslim,Abu dawud tirmidzi).

✒demikian juga sebagaimana dikabarkan oleh Nabi -shalallahu ‘alaihi wa sallam- : bahwa orang yang menggambar sesuatu yang memiliki ruh  akan diadzab di neraka jahannam, dan demikian dikabarkan juga dalam beberapa hadits lainnya.

✒Walaupun para ulama berbeda pendapat tentang gambar fotografi modern, akan tetapi mereka tidak berselisih dalam dua keadaan yang tercakup semuanya dalam syareat.

👉Pertama : gambar  tiga dimensi seperti patung dan yang semisalnya

👉Kedua : gambar lukisan (makhluk bernyawa)…seperti termasuk juga gambar-gambar (emoticon) yang sering muncul di internet.

✒adapun pendapat yang mengatakan bukan gambar, tidaklah benar.  Karena adanya dua mata dan bibir dengan bentuk bulat seperti ini merupakan gambar secara nyata yang Jibril  -alaihis salam- memerintahkan agar memotongnya sehingga tidak berwujud gambar lagi.

Sebagaimana disebutkan dalam hadits : bahwa jibril menolak masuk kedalam rumah Rasulullah -shalallahu ‘alaihi wa sallam- karena adanya gambar didepan pintu rumah beliau.

Pada hari berikutnya Jibril mengatakan : perintahkanlah untuk memotong kepala gambar tersebut, sehingga sampai menyerupai pohon”.

(DishahihkanAl Albany dalam Ghayatul Maram).

☝Hal ini menunjukkan bahwa suatu bentuk gambar kepala yang bila dipotong maka gambar yang tersisa  tersebut seolah-olah bentuknya menjadi seperti pohon.

Wallahulmusta’an.

📚Dari kitab Al Qoulul Mufid fi hukmi At tashwir lissyaikh bin baz

—————💻—————-

2⃣.Fatwa syaikh zaid Al Madkhaly

———————————-

✏Pertanyaan ini ditranskrip dari kaset Syaikh Zaid Al Madkhaly ketika menjawab pertanyaan, diantaranya tentang gambar emoticon dan smiley dalam aplikasi mesengger

📝Penanya :

apa hukum gambar makhluq bernyawa dalam komputer yang biasa dikirimkan diantara ikhwah yang melakukan chatting, dalam rangka mengungkapkan ucapannya seperti gambar laki-laki yang tersenyum menunjukan keadaan ridho, atau gambar orang yang sedang marah menunjukkan dia juga sedang marah.

✏Maka dijawab oleh As syaikh:

🍂Beberapa istilah tersebut tidak ada dasarnya dalam syareat, dan tidakk ada kebutuhan penggunaan gambar kecuali karena darurat. Dalam hal ini tidak ada unsur darurat.

Simbol-simbol tersebut tidak  ada dasarnya, dan kami tidak membolehkan hal tersebut. Adapun bila ada kebutuhan sebagian mereka dengan sebagian yang lainnya maka hendaknya menggunakan perantaraan (yang diprerbolehkan-pent).

Adapun simbol-simbol  seperti ini, yang menunjukan tanda keridhoan dan kemarahan, hal tersebut bukan termasuk dari  manhaj ahlussunnah wal jama’ah.

💻Sumber: forum imam al ajurry.com

Faedah dari :   WA Manhajul Anbiya Indonesia

📝Disalin dengan sedikit perubahan.

🌷🍃ash shalihah🍃🌷

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s