BOLEHKAH TOLERANSI DALAM MASALAH PRINSIP AGAMA DEMI MASLAHAT UMUM

catatanmms274

๎ŒดBOLEHKAH TOLERANSI DALAM MASALAH PRINSIP AGAMA DEMI MASLAHAT UMUM๎Œด

โœ…Asy-Syaikh Shalih Al-Fauzan hafizhahullah

 

๐Ÿ’ฌPertanyaan:

Semoga Allah berbuat baik kepada Anda, kami sering mendengar di berbagai media di masa ini yang menyatakan bahwasanya boleh untuk toleransi pada sebagian prinsip-prinsip pokok agama jika hal itu dilakukan untuk kepentingan umum. Maka sejauh mana benarnya ucapan semacam ini?ย 

 

๎‡Jawaban:

 

Ucapan ini tanggungjawabnya dikembalikan kepada yang mengatakannya. Prinsip-prinsip pokok agama tidak ada toleransi padanya. Ini merupakan sikap mudaahanah (basa-basi, melunak dan mengalah โ€“pent). Tidak boleh sedikit pun mengalah dalam prinsip-prinsip pokok agama sama sekali. Prinsip-prinsip pokok agama tidak ada toleransi padanya, karena hal ini maknanya adalah mudaahanah.

 

๎ˆฑAllah berfirman:

ูˆูŽุฅูู†ู’ ูƒูŽุงุฏููˆู’ุง ู„ูŽูŠูŽูู’ุชูู†ููˆู’ู†ูŽูƒูŽ ุนูŽู†ู ุงู„ูŽู‘ุฐููŠู’ ุฃูŽูˆู’ุญูŽูŠู’ู†ูŽุง ุฅูู„ูŽูŠู’ูƒูŽ ู„ูุชูŽูู’ุชูŽุฑููŠูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู†ูŽุง ุบูŽูŠู’ุฑูŽู‡ู ูˆูŽุฅูุฐู‹ุง ู„ูŽุงุชูŽู‘ุฎูŽุฐููˆู’ูƒูŽ ุฎูŽู„ููŠู’ู„ู‹ุง. ุฅูุฐู‹ุง ู„ูŽุฃูŽุฐูŽู‚ู’ู†ูŽุงูƒูŽ ุถูุนู’ููŽ ุงู„ู’ุญูŽูŠูŽุงุฉู ูˆูŽุถูุนู’ููŽ ุงู„ู’ู…ูŽู…ูŽุงุชู ุซูู…ูŽู‘ ู„ูŽุง ุชูŽุฌูุฏู ู„ูŽูƒูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู†ูŽุง ู†ูŽุตููŠู’ุฑู‹ุง.

โ€œDan sesungguhnya mereka hampir memalingkan dirimu dari apa yang telah Kami wahyukan kepadamu, agar engkau membuat kedustaan atas nama Kami dengan selainnya, dan kalau sampai demikian maka sungguh mereka akan menjadikan dirimu sebagai sahabat yang sangat dicintai. Kalau sampai terjadi demikian, maka sungguh Kami akan merasakan kepadamu siksaan yang berlipat ganda di dunia ini dan yang berlipat ganda pula sesudah mati, lalu engkau tidak akan mendapatkan seorang penolong pun terhadap Kami.โ€

(QS. Al-Israโ€™ ayat 73 dan 75)

 

๎„ฝJadi tidak boleh mengalah sedikit pun dari agama ini yang merupakan prinsip-prinsip pokoknya yang tetap hanya karena ingin membuat ridha orang-orang kafir, karena ini merupakan sikap mudaahanah.

 

๎ˆฑAllah berfirman:

ูˆูŽุฏูู‘ูˆู’ุง ู„ูŽูˆู’ ุชูุฏู’ู‡ูู†ู ููŽูŠูุฏู’ู‡ูู†ููˆู’ู†ูŽ.

โ€œMereka menginginkan agar engkau bersikap lunak lalu mereka pun bersikap lunak pula kepadamu.โ€

(QS. Al-Qalam: 9)

 

๎ˆฑJuga firman-Nya:

ุฃูŽููŽุจูู‡ูŽุฐูŽุง ุงู„ู’ุญูŽุฏููŠู’ุซู ุฃูŽู†ู’ุชูู…ู’ ู…ูุฏู’ู‡ูู†ููˆู’ู†ูŽ.

โ€œMaka apakah kalian akan menyembunyikan isi Al-Quran ini karena takut kepada manusia.โ€

(QS. Al-Waqiโ€™ah: 81)

 

Maksudnya kalian akan mengalah pada sebagiannya. Yang semacam ini tidak boleh sama sekali, karena ini adalah sikap mudaahanah.

 

๎€ฒTIDAK BOLEH MENGALAH SEDIKIT PUN DARI AGAMA KITA HANYA KARENA INGIN MEMBUAT RIDHA ORANG-ORANG KAFIR BAGAIMANA PUN KEADAANNYA.

 

Demikian juga ketika mereka (orang-orang kafir) mengatakan kepada Rasul shallallahu alaihi was sallam:

โ€œKami mau menyembah sesembahanmu selama setahun dengan syarat engkau juga mau menyembah sesembahan kami selama setahun juga.โ€

MEREKA MENGATAKAN HAL ITU DENGAN TUJUAN INGIN BERDAMAI.

 

๎ˆฑNamun Allah Jalla wa Alaa memperingatkan dengan firman-Nya:

 

ู‚ูู„ู’ ูŠูŽุง ุฃูŽูŠูู‘ู‡ูŽุง ุงู„ู’ูƒูŽุงููุฑููˆู’ู†ูŽ. ู„ูŽุง ุฃูŽุนู’ุจูุฏู ู…ูŽุง ุชูŽุนู’ุจูุฏููˆู’ู†ูŽ. ูˆูŽู„ุง ุฃูŽู†ู’ุชูู…ู’ ุนูŽุงุจูุฏููˆู’ู†ูŽ ู…ูŽุง ุฃูŽุนู’ุจูุฏู. ูˆูŽู„ูŽุง ุฃูŽู†ูŽุง ุนูŽุงุจูุฏูŒ ู…ูŽุง ุนูŽุจูŽุฏู’ุชูู…ู’. ูˆูŽู„ูŽุง ุฃูŽู†ู’ุชูู…ู’ ุนูŽุงุจูุฏููˆู’ู†ูŽ ู…ูŽุง ุฃูŽุนู’ุจูุฏู. ู„ูŽูƒูู…ู’ ุฏููŠู†ููƒูู…ู’ ูˆูŽู„ููŠูŽ ุฏููŠู’ู†ู.

 

โ€œKatakanlah: Wahai orang-orang kafir, aku tidak akan menyembah apa yang kalian sembah, dan kalian bukan penyembah Rabb yang aku sembah, dan aku bukan penyembah apa yang kalian sembah, dan kalian bukan penyembah Rabb yang aku sembah, bagi kalian agama kalian dan bagiku agamaku.โ€

(QS. Al-Kafirun: 1-6)

 

๎‘„Maksudnya:

Aku berlepas diri dari agama kalian, dan kalian juga berlepas diri dari agamaku. Jadi aku tidak akan mengalah sedikit pun dari agamaku hanya karena agar kalian ridha kepada kami. Tidak ada sikap mencari ridha manusia, yang ada hanya mencari ridha sang Khaliq.

 

Sumber audio:

http://www.alfawzan.af.org.sa/node/2894

Sumber transkrip:

http://www.vb.noor-alyaqeen.com/t21775/

Download Audio Di : http://www.alfawzan.af.org.sa/sites/default/files/5000_0.mp3

Ditranskrip oleh:ย Fathimah bintu Al-Badr

 

Alih bahasa: Abu Almass

Selasa, 14 Dzluqaโ€™dah 1435 H

WSI/ http://forumsalafy.net/?p=6221

 

~~~~๎Œ„~~~~

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s