HUKUM MENJADIKAN SUARA ADZAN SEBAGAI NADA DERING & ALARM HP

catatanmms119

HUKUM MENJADIKAN SUARA ADZAN SEBAGAI NADA DERING & ALARM HP

 

Pertanyaan:

Apa hukum menjadikan suara adzan di HP sebagai pengingat waktu shalat, atau sebagai alarm untuk bangun tidur?

 

Jawaban:

Jangan kamu lakukan!! Saya katakan: jangan kamu lakukan perbuatan ini. Karena adzan adalah ibadah. Terkadang bekumandang adzan dalam suara yg keras dari HP, dalam keadaan kamu di tempat air, atau di kamar mandi dan seterusnya.

Apabila kamu ingin bangun tidur, maka pasanglah alarm lain yg akan membangunkanmu. Lalu mengapa harus memasang suara adzan??? Maka ini adalah sebuah kesalahan. Barokallahu fikum.

 

Saya katakan:di sana, sebagaimana yg kalian ketahui, para ahli handphone, baik yg muslim ataupun selain muslim,membuat aplikasi2 ini dan yg semisalnya, dan memperbanyaknya. Diantaranya adzan, al Qur’an dan sebagainya.

Sehingga dikatakan: pada HP ini ada mushhafnya lengkap. Maka ini juga perbuatan yg tidak pantas untuk dilakukan. Bahkan sepantasnya untuk menghapusnya dari HP, karena itu adalah mushhaf, sama saja apakah di HP, saku baju, di tas, dan selainnya, tetap saja namanya mushhaf. Kamu keluar masuk kamar mandi membawanya, kamu tidur di atasnya, menaruhnya di bawahmu, dan seterusnya, dan terkadang dalam keadaan kamu lupa. Maka ini termasuk perbuatan merendahkan terhadap kemulian mushhaf al Qur’an.

 

Sebagian dari ulama masa kini, diantaranya guru kami asy Syaikh al ‘Allamah Rabi’ dan selainnya tidak memperbolehkan perbuatan ini. Dan bahkan berpendapat untuk menghapusnya dari HP. Dan inilajh yg benar. Karena wajib bagi kita untuk memuliakan al Qur’an.

Apabila kamu ingin untuk muroja’ah al Qur’an, bawalah mushhaf di sakumu,dan kamu membaca darinya. Sehingga jangan ,menjadikannya dalam HP –yakni dalam bentuk aplikasi al Qur’an-.

 

Dan termasuk pula suara adzan. Wajib untuk memperhatikan ibadah ini, sehingga tidak direndahkan. Apabila kamu ingin pengingat waktu shalat, maka jadikanlah alarm yg mengingatkanmu beberapa menit sebelum waktu adzan. Dan dalam HP ada banyak model alarm.

Inilah perbuatan yg benar. Barokallahu fikum.

 

Perkataan si penanya: “untuk membangunkan ketika tidur”.

Demikian pula dalam hal ini. Lihatlah kedaan orang2 dahulu bangun tidur, sebelum adanya HP ini dan suara adzan di dalamnya. Bagaimana mereka bia bisa bangun tidur –tanpa memasang suara adzan sebagai alarm di HPnya-.

La haula walaa quwwata illa billah.

 

Rasulullah shallallahu bersabda: ada 7 golongan yg akan dinaungi oleh Allah ‘azza wa jalla, pada hari yg tidak ada naungan selain naungan-Nya –yakni pada hari kiamat-, kemudian Rasulullah menyebutkan golongan2 tersebut dan diantaranya: seseorang yg hatinya senantiasa terikat dengan masjid…

maka barangsiapa yg mengetahui kedudukan hadits yg agung ini, dan benar2 merenunginya, maka akan memahami sisi pendalilan dari hadits ini…

 

Ditranskrip dari salah satu rekaman tanya jawab bersama asy Syaikh Abdullah al Bukhary hafidzahullahu ta’ala.

 

Oleh al akh Abdulaziz bantul

-salah satu pelajar di Darul Hadits di Fuyusy, Yaman

 

🌎 W-TIS (Thalab Ilmu Syar’i)

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s